Analogi dalam Kelas Sains ; Pandauan FAR – Cara Menarik untuk mengajar dengan Menggunakan Analogi*
Allan G. Harrison, Richard K. Coll (Penulis), Akhlish Nursetiadi (Penerjemaah)
Penerbit Indeks | 2013 | 276 Halaman
ISBN 9789790624467
*Original Title : Using Analogies in Middle and Secondary Science Classroom; The FAR Guide – An Interesting way to teach with Analogies
Corwin Press ( A SAGE Company) | 2008
ISBN 97814412913324
Mengajar Sains itu butuh ilmu dan seni. Kenapa dikatakan demikian? Sains tentu saja mempelajari objek benda atau fenomena yang terjadi di alam. Ada yang bisa diamati dengan mudah menggunakan alat indera, namun ada pula yang sulit dan harus menggunakan alat bantu. Untuk yang sulit diamati dan membutuhkan alat bantu, maka seorang guru dituntut memliki seni dalam mengajar. Bagaimana guru
Analogi dalam kelas Sains ini ditulis untuk memudahkan guru menjelaskan materi pelajaran yang dianggap abstrak dan sulit, sehingga siswa mampu memahaminya dengan baik. Analogi merupakan alat belajar dan pengajaran yang istimewa. karena bukan hanya guru saja yang bisa menggunakannya, bahkan para ahli pun menggunakan analogi dalam menjelaskan hal-hal yang sulit agar mudah dimengerti.
Buku ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama penggunaan Analogi, dimana materi / konsep yang abstrak dan asing bagi siswa dijelaskan dengan menggunakan analogi yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga mudah diterima. Bagian Kedua adalah identifikasi analogi. Tidak semua analogi yang sesuai dengan konsepsi ilmiah. Karena itu setiap guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam penggunaaan analogi.
Dalam Buku ini terdapat 48 contoh analogi yang bisa digunakan dalam pembelajaran sains. termasuk diantaranya Biologi, Fisika, Kimia dan Astronomi. Beberapa diantaranya menggunakan ilustrasi gambar, diagram, grafik dan charta yang membantu pembaca memahami analogi tersebut dengan mudah. Karena buku ini aslinya berbahasa inggris satu atau dua mengunakan analogi yang tidak ada di Indonesia, seperti penggunaan gambar menara Kings Park yang terdapat di Perth-Autralia (halaman 28) untuk menjelaskan struktur DNA. Namun hal ini tidak menjadi masalah, karena pada bagian selanjutnya penulis menggunakan model jepitan baju untuk menjelaskan konsep yang sama.
Buku ini harus dibaca oleh guru dan calon guru sains, baik itu Fisika, biologi maupun kimia. Selain bahasanya mudah dipahami, juga dilengkapi dengan panduan FAR, Fokus, Aksi dan Refleksi. Satu lagi, penulis dalam buku ini juga mengharapkan pembaca tidak hanya terpaku pada contoh analogi yang sudah dituliskan disini. Penulis juga mengajak pembaca menggunakan analogi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
No comments:
Post a Comment